Potret Buram tentang Rokok

12:53 PM

Ternyata realisasi potret buram memang ada. Potret buram anak Indonesia. Kau tahu nggak, begitu aku naik angkot sepulang sekolah dan milih untuk duduk di bangku paling pojok, di depanku ada seorang anak laki-laki. Perawakannya sekitar kelas 4 SD. Dia langsung awkward alias salting begitu melihatku. Dia langsung menyembunyikan benda yang dipegangnya. Tahu itu apa? Rokok.

Aku tahu jelas itu rokok. Selain karena bentuk dan warnanya familiar, bau dan asapnya menunjukan jelas kalau itu rokok. Diam-diam dia mematikan rokoknya di lantai angkot. Ditutupi kedua belah kakinya, mencoba supaya nggak terlihat.Tapi tetap aja kelihatan. Nggak cuma aku, bapak-bapak disebelahnya juga menyorotkan mata ke rokoknya dan cuma geleng-geleng kepala.

Bloggie, dalam hati aku sedih. Aku cuma lihat di majalah tentang potret buram anak-anak. Seumuranku, atau bahkan lebih muda. Percaya deh, mungkin kalau kau sekedar bacca atau lihat di majalah reaksimu bakal biasa-biasa atau hanya geleng-geleng kepala. Tapi begitu lihat secara langsung, aku pun ngerasa sedih dan kecewa.

Merokok itu banyak banget kerugiannya. Omong-omong soal rokok, tahu nggak sih kalau tanggal 31 Mei lalu adalah Hari Anti-Tembakau Sedunia? Rokok itu kan berbahan dasar dari tembakau. Setidaknya, aku memberitahu ayah supaya nggak ngerokok pada hari itu.

Selain menimbulkan efek yang nggak baik pada tubuh, ternyata bagi bumi juga lho! Perokok di bumi ini kan banyaaaak sekali. Mungkin ratus jutaan atau milyaran orang. Tahu nggak, asap rokok tuh lebih berbahaya daripada asap knalpot kendaraan! Asap rokok mengandung karbon monoksida, sulfur dan nitrogen.

Dalam satu batang rokok terdapat 4000 racun kimia berbahaya! Bayangkan, dalam sehari aja mungkin udah ratus ribuan rokok dihisap dan menjadi polusi di udara. Polusi di udara, kan, bukan hanya dari rokok saja. Dari nafas kita, gas-gas hewan, asap pabrik industri, pembakaran hutan, dan lain-lain. Sementara pohon-pohon di Indonesia makin dikit aja. Lama-lama langit di atas berubah jadi warna abu-abu.

Sementara efek pada tubuh kita, rokok dapat menyerang paru-paru. Aku lihat di ensiklopedia junior, warna paru-paru yang sehat dengan paru-paru seorang perokok sangatlah jauh beda. Nih, gambarnya:

Gambar yang di atas menunjukan paru-paru orang yang tidak pernah merokok. Sementara gambar bagian bawah, menunjukan paru-paru seorang perokok. Hiiy serem.

Tips: daripada merokok, lebih baik mengunyah permen karet aja, terbukti ampuh :D

Selamat Hari Anti Tembakau Sedunia! Lindungi tubuh, lindungi bumi! :)

You Might Also Like

0 comments