Cerita Kita Casting Call batch 3

4:05 PM


Halo semuanya!
Tau nggak... march turned out hid something good! :')

dan ini saking excitednya bingung mo nulis darimana loh...

Oke, Cha, take a deep breath.

Semua ini berawal dari waktu aku lagi di Tako Lada bareng Rasyid, buat makan sekaligus... ehm, numpang wi-fian (hehe!). Kita nangkring di sana berjam-jam sambil laptopan, mulai dari mantengin youtube nontonin video-video lucu sampe pada akhirnya berakhir di website Cerita Kita. Naaah kebetulan nih, udah beberapa bulan ini aku emang doyan mantengin websitenya majalah Gogirl! sama Cerita Kita. Simply karena isinya emang berguna banget mulai dari beauty tips sampe relationship, plus banyak artikel-artikel yang appeared di majalah edisi lama trus dipost lagi.. hehe! Pas buka websitenya Cerita Kita itu lah aku ngeliat banner Cerita Kita Casting Call batch 3. Yap, ini udah yang ketiga kalinya Gogirl x Clean & Clear ngadain casting call Cerita Kita buat ngundang cewek-cewek jadi kontributor di websitenya. Sempet tertarik sih buat ikutan batch 1 sama ke-2nya, cuma event itu dua kali berturut-turut diadain di Jakarta.. eh begitu ada tulisan 'Jakarta, Bandung & Surabaya', i was like... I NEED TO JOIN THIS.

 Aku nggak langsung register buat ikutan seleksinya. Udah pesimis duluan abisnya. Udah tau nggak mungkin bakal menang, secara pasti banyak banget jaman sekarang yang fotonya bagus-bagus. Setelah didorong beberapa kali sama Rasyid, akhirnya aku register tanpa ada ekspektasi apapun. Pas register waktu itu kita disuruh milih salah satu pilihan passion yang bakal kita ikutin workshopnya. Ada fashion stylist, beauty enthusiast, writing, sama instagram specialist. Di situ kelabilan kegalauan aku muncul. Writing atau instagram specialist ya? I was expecting photography, tapi ternyata nggak ada. Di situ aku sama Rasyid sempet debat lamaaa banget soal nentuin passion apa yang bakal aku pilih pas registrasi. Masalahnya, selagi registrasi itu kita harus turut nge-attach file yang berhubungan sama passion yang kita pilih. Jadi kalo kita milihnya writing, kita harus attach tulisan kita juga.

"Udah Cha, writing aja, kan maneh suka nulis di blog dan tulisan maneh bagus."
"Tapi blog aku isinya ga penting semua Syid. Masa mo nge-attach tulisan yang isinya ngeluh semua?"
"Ya udah instagram specialist."
"Tapi..."
"Udahlah writing aja."
"Ih tapi kan..."

kek gitu aja molo sampe lumutan.

Then i have another think coming. Kalo dipikir-pikir selama ini aku kalo nulis sesuatu pasti ada 'pause moment'-nya. Entah karena keabisan topik, bosen di tengah-tengah, ato kebanyakan mikir. Sementara kalo foto, aku cenderung spontanous dan nggak bisa berhenti buat ngejepret. Buat satu objek yang aku anggep menarik aja bisa sampe belasan kali motonya sampe dapet cahaya ato angle yang pas. Lagian aku nggak punya tulisan yang menurut aku cukup bagus buat di-attach pas registrasi, sementara foto ada lumayan banyak. Yaudah.. jadi.. ya gitu.. akhirnya aku milih instagram specialist.

Beberapa minggu kemudian aku liat Kak Nina Moran ngasih tau di instagram kalo nama 100 finalis Bandung udah keluar di website. Sumpah degdegan banget ngecek nama aku ada di list ato engga. Lumayan lama aku ngescroll list nama, udah sampe 50-an tapi nama aku belom ada juga. Ya udah lah pasrah... :')

Dan ternyata nama aku ada di urutan ke-81 dong. Seneng? Banget! Lebih ke lega juga sih lebih tepatnya. Dan ternyata disitu aku baru tau kalo Devita, Yedida, Icus sama Chiesa lolos ke 100 besar juga. Aku langsung buru-buru ngechat Devita sama Yedida, nanyain nanti sabtu (acara casting call-nya) mereka dateng ke Beehive ato engga. Devita sama Yedida ternyata nggak bisa. Aku mau ngeline Chiesa juga ternyata nggak punya contactnya (HAHA bodoh). Akhirnya di sana bareng Icus.

Aku dapet telfon dari Kak Michaela buat konfirmasi kehadiran sabtu nanti di Beehive. Asik! Hahaha kebetulan aku belom pernah ke Beehive (norak!) dan ide kesana bareng temen selama ini cuma H2C alias hayu hayu cicing doang. Aku juga langsung cari tau kegiatan casting call batch sebelumnya tuh ngapain aja. Rundown acaranya makin jelas begitu dapet detailnya via e-mail dari Kak Michaela.

 Hari Sabtu, 19 Maret kemaren akhirnya aku cus ke Beehive Cafe & Eatery dianterin Mama sama Papa, sekaligus mereka berdua mau ke undangan. Rencana sih berangkat jam 10 pas buat ngehindarin macetnya Bandung pas weekend, tapi ternyata ngaret gara-gara nyonya besar kelimpungan cari baju kondangan yang udah pada gak muat.. haha. Akhirnya kita berangkat jam setengah 11. Papa super ngebut dan nyelip sana-sini nyetir mobil. Nggak enak kalo ngaret, abisnya Kak Michaela bilang kalo bisa kita dateng sebelum jam setengah 12, tapi ini jam 11.15 aja baru nyampe di Pasteur.

Aku nyampe Beehive jam 12.40. Begitu masuk, kita harus nukerin produk Clean & Clear yang kita punya buat alat registrasi, dapet nametag, trus dituntun buat foto di photobooth. Disitu aku mikir mati gaya banget foto sendiri... eh ternyata dapet temen buat foto hehe hamdalah.

Bareng Kak Rizka di photobooth!


Aku kenalan sama Kak Rizka disitu dan akhirnya kita duduk bareng. Kak Rizka mungil banget, aku sempet ngira dia sepantaran sama aku padahal ternyata udah kuliah di FTSL ITB! Haha sotilnya muncul kan... Para finalis diminta buat makan siang dulu. The food was great. And anyway, ambience Beehive ini enak banget! Good food, good ambience meet our passion? Definetely couldn't ask for better! Gogirl! x Clean & Clear menurut aku pengertian banget sih, nyusun part makan siang sebelum coaching session & workshopnya dimulai. Abisnya ternyata kegiatan selanjutnya ini bikin capek banget.



Beres makan, coaching session dimulai. Sesi pertama dibuka sama Kak Nina Moran. Kak Nina ngejelasin gimana cara nulis yang bener dan trik-trik nulis yang bagus tuh kayak gimana. Nulis emang bukan hal yang gampang. Buat bikin tulisan, kita harus bener-bener fact-finding dulu. Nggak boleh asal nulis. Kita juga harus tau target market tulisan kita tuh siapa, supaya gaya tulisan kita bisa menyesuaikan.

Sesi kedua dilanjut sama Kak Githa Moran, fashion stylist Gogirl!. Waktu itu aku pernah baca buku No One to Someone, dan ternyata Kak Githa tuh udah megang rubrik fashionnya Gogirl! dari awal banget, waktu usianya masih 17! Kak Githa juga fashionable banget dari dandanannya. Di coaching sessionnya, Kak Githa ngejelasin tentang perbedaan antara fashion dan style, dan tentang gimana cara kita tau style kita itu sebenarnya kayak gimana.

Selesai Kak Githa nyampein materi, Kak Agnes Oryza ngelanjutin coaching sessionnya. Kak Agnes Oryza cantik banget, mulus banget kulitnya, lucu banget huhuhu sumpah dan rambut kriwilnya ituloh parah lucu banget!!! Kak Agnes ngenalin kita produk-produk make-up yang cocok buat remaja dan ngasih tips and trick make-up. Sayang fotonya ngga jelas gegara ketutup kepala-kepala orang.. haha.

Coaching session terakhir disampein sama Kak Pramudina, influencer instagram dari Bandung. Sebelumnya aku emang udah nge-follow Kak Dina (@prafr) dan instagram keduanya yang keren parah (@caelestiale). Kalo aku liat, feedsnya Kak Dina emang rapih banget, hampir semua post-nya tonenya seragam, trus dominan warna putih. Artsy banget pokoknya. Di coaching sessionnya Kak Dina ngejelasin gimana cara dapetin foto yang bagus, how to gain & maintain your followers dan lain-lain. Kak Dina cantik dan mungil bangeeet hehe.

Selesai coaching session, para finalis dibagi-bagi perdivisi passionnya buat nyelesain tugas yang dikasih. Aku yang ikut workshop instagram specialist bareng para finalis lainnya dikasih tugas buat capture produk Clean & Clear dengan manfaatin properti yang udah disediain dalam waktu 20 menit, untuk kemudian diupload ke instagram & bakal dinilai sama mentor kita (Kak Dina). I must say... waktu 20 menit itu bener-bener full of pressure banget. Para finalis langsung rebutan properti mulai dari kalung-kalungan, produk Clean & Clear, buah-buahan kayak apel, lemon, blueberry, figura Gogirl! sampe backdrop putih buat foto ala-ala still-life gitu. Sumpah, r e b u t a n. Dikit-dikit 'eh pinjem ini dong' ato 'boleh pinjem itu gak?'. Bahkan aku merhatiin ada beberapa finalis yang pelit susah diajak gantian properti... hahaha. Aku nggak tertarik buat gondok rebutan properti sama yang laen, jadi aku manfaatin properti yang aku punya di depan mata. Aku juga nggak sempet buat nyobain foto di backdrop putih yang udah disediain. Malah bisa dibilang aku cuma dapet properti dikit banget. Blueberrynya aja cuma dapet seuprit lol tapi gapapalah. Quality over quantity kan yang penting? (buset pede bener yaa ni anak satu). Aku juga sempet nggak pede karena ada beberapa dari mereka yang motretnya pake kamera, sementara aku cuma ngandelin hp. Aku mikirnya bakal ribet kalo motret pake kamera, belum mindahin filenya ke hp yang butuh waktu lama dan sebagainya. Akhirnya aku ngetegarin hati aku buat terus positive thinking (padahal mah fotoinnya juga sampe gemeteran). Masih asik foto-foto tiba-tiba ada kakak panitia dateng ke arah kita dan bilang "semuanya upload sekarang ya! Cepetan! Waktunya d u a  m e n i t  lagi!".

Crap.

Saat itu juga aku langsung duduk nenangin diri, dan mulai nyortir foto-foto yang kira-kira bagus buat diupload. Segeber mungkin aku edit, kasih filter, tulis caption, dan buru-buru upload fotonya ke instagram. aku langsung upload 3 foto sekaligus! Which is foto ke-lima yang aku upload hari itu... huhuhu maaf ya teman-teman aku nyampah! Padahal Kak Dina bilang kita nggak boleh over-upload ato nyampah post di ig biar nggak bikin followers jengah. Aku edit captionnya berkali-kali sampe aku ngerasa bahasanya catchy buat dibaca. Itupun sambil degdegan keringetan... panic attack diburu waktu!

Ini dia 3 foto yang aku upload ke instagram:



Cerita Kita Casting Call batch 3 hari ini bikin aku aware sama kulitku & tahu kalo di masa remaja kayak sekarang, tubuh kita bakal ngeproduksi keringat dan minyak berlebih. But don't be ashame to show yourself to the world, girls! Nggak usah khawatir lagi sama muka berminyak karena dengan pakai Clean & Clear foaming facial washm, muka kita bakal anti dari minyak selama 9 jam dan bikin kita tetep pede! No need to worry to show the world the real me! #cncinstagramcoach #castingcall #seetherealme.




Nggak usah khawatir lagi sama muka berminyak tiap mau party. Selalu prepare Clean & Clear oil control firm di tas kamu sebelum pergi, and you're finally ready to enjoy the party! No need to worry to see the real me! #cncinstagramcoach #castingcall #seetherealme







Dengan kandungan blueberry extractnya, Clean & Clear daily pore cleanser mampu ngejaga kulit wajah kita dari komedo, loh, Girls! Clean & Clear foaming facial wash juga bisa ngontrol minyak di kulit kita sampai 8 jam. So, no need to worry to show the real us to the world! #cncinstagramcoach #castingcall #seetherealme


Workshop ditutup dan acara dilanjutin sama coffee break. I must say that Beehive's mushroom ball tuh enak parah. Sayang waktu itu rada gerah udaranya. Beres coffee break, aku duduk di sebelah Icus & nyaksiin sharing session tentang kulit & produk Clean & Clear. Begitu sesi pertanyaan dibuka, aku langsung ngacungin tangan, di saat belom ada orang yang berniat nanya. Kenapa coba? Karena... di casting call batch sebelumnya, orang yang ngajuin pertanyaan bakal dapet merchandise dari Gogirl. HAHAHA dasar otak gratisan.... maapin. Aku waktu itu nanya tentang makanan yang merangsang timbulnya jerawat di kulit. Ternyata makanan apapun nggak ada pengaruhnya sama jerawat yang timbul di kulit kita, asalkan kita tekun ngerawat dan ngebersihin kulit kita. Jadi, isu kalo kebanyakan makan gorengan atau coklat bikin jerawatan itu nggak bener.

Asik beneran dapet merchandise lol! Aku dapet merchandise tas dari Gogirl!. Dan bener aja, the moment they gave it to me, mendadak banyak banget orang yang ngacungin tangan mau ngajuin pertanyaan. Ternyata yang otak gratisan bukan aku doang lol.

sharing session.

Sesi tanya jawab berakhir ketika merchandisenya udah abis waktunya habis. Acara dilanjutin sama pengumuman pemenang inspiring photo yang diupload ke instagram. Ya jadi dari awal acara emang udah dijelasin kalo bakal ada hadiah buat kita-kita yang ngeupload foto seputar event Cerita Kita hari itu. Ada 5 orang yang fotonya kepilih jadi inspiring photo... and it turned out i was one of them! Woohoo!



Pemenang inspiring photo maju ke depan dan ngedapetin voucher MAP senilai Rp150.000 yang nantinya bisa dibelanjain di beberapa storenya kayak Zara, Mango, Pull & Bear, Sport Station, dan masih banyak lagi. Lumayan banget kan? Yeay!

Acaranya berlanjut ke pengumuman finalis pemenang Cerita Kita tiap divisi. Ada 3 pemenang dalam satu divisi, which means pemenang totalnya akan ada 12 orang. Di situ aku baru tau kalo pemenangnya nanti nggak cuma jadi kontributor website Cerita Kita dan dapet kesempatan magang di majalah Gogirl!, tapi juga... iPad mini! Wow.

Yang diumumin pertama kali ternyata pemenang dari divisi passion instagram specialist. Oh God. MC langsung nyebutin ketiga nama pemenang. Nama yang pertama kali disebut adalah namanya Kak Elista Yaumi. Kak Elista langsung maju ke depan. Duh pasti bahagia banget...

Nama yang kedua disebut waktu itu nama Kak Niken Ritami. Kak Niken maju nyusul Kak Elista di depan. Hfff... yaa gapapaaa kalo ga menang, Cha. Lumayan juga kok, udah dapet tas, voucher MAP, dimentorin sama Kak Dina, ketemu Kak Nina, Kak Githa, Kak Agnes Oryza, dapet makan jugaa.. udah dapet pengalaman kok.

Trus tiba-tiba nama aku disebut.
Yep, nama aku. Lengkap ketiga suku katanya.

Aku langsung nganga supergede trus ngeliat ke arah Icus, dan kebetulan banget Icus juga langsung ngeliat ke arah aku. I was like.. "ANJIR CUS ANJIR" and she was too, be like "ANJIR CHA ANJIR". I walked upfront awkwardly. I know, tampang aku waktu itu pasti udah ga banget, udah ga kekontrol antara pengen nyengir bahagia & pengen jalan ke depan in a calm, cool way. Haha sebel! Waktu aku jalan, Kak Ucita Pohan selaku MC-nya pun sampe bilang "Loh, kamu lagi?" haha gegara menang 3 kali beturut-turut!

Then there was i, in front of the people, standing as one of the winners. Pengumuman dilanjutin sampe finalis yang ke-12, dilanjut sama acara serah terima piagam sama iPad mini (super yeay!). Foto-foto bareng 12 finalis lainnya beserta mentor, dan shooting video bentar sebelum pulang. Setelahnya, para peserta event dapet goodie bag dari Clean & Clear! Hihu senanggg karena kebetulan aku emang make produk Clean & Clear di rumah. Sebelum pulang, aku, Kak Elista & Kak Niken foto-foto dulu bareng Kak Pramudina!


Kak Elista,, Kak Pramudina, aku &  Kak Niken. Yeay!

Kak Dina & si gendut aku. Hehe!
the prizes!

sekali lagi deh :p


Jujur aja, masih nggak nyangka banget aku bisa menang! Secara aku orangnya pesimis banget & nggak pedean. Lewat event Cerita Kita, aku belajar banyak hal dan dapet pelajaran berharga, kalo ternyata; all we have to do is try. Bukan masalah di 'bakal menang' atau enggaknya, tapi 'coba dulu'-nya. Kalo waktu itu Rasyid nggak ngedorong aku buat register seleksinya, mungkin aku nggak bakalan dapet semua pengalaman berharga itu dan yang paling penting... gak bakal menang!

Berkat event Cerita Kita juga, aku jadi 'mantap' banget ngeliat photography dan instagram sebagai passion yang bisa aku seriusin. Kemenangan ini tuh jadi 'titik' dimana aku bener-bener yakin buat nyebut passion aku dimana, karena aku selama ini orangnya nggak bisa ngakuin kelebihan aku sebelum aku 'ngehasilin' sesuatu dari itu. So happy to be one step closer to my dream! Bersyukur juga bisa kepilih jadi 12 besar diantara 100 orang yang juga jago & passionate di bidangnya!

Jadi, aku punya beberapa message nih buat temen-temen (atau mungkin calon finalis Cerita Kita batch 4 dan seterusnya!) semua:

  1. It's not about winning. It's about trying. Kita harus jadi orang yang oportunis dan cerdas nyari celah menuju mimpi kita. Kita nggak boleh pesimis duluan buat ikutan sesuatu. Nggak boleh punya mental kalah duluan. Nggak usah overthinking nantinya bakal menang atau engga. Yang penting tuh: c o b a i n  d u l u !
  2. Observate & apply what we learn. Rajin-rajin deh buat belajar & cari tahu banyak hal seputar passion kita. Jangan ngerasa udah 'tau duluan'. Perhatiin bener-bener dimana celah kesuksesan mereka yang udah sukses di bidang itu.
  3. Positive thinking. Klise banget, tapi nyatanya emang supersusah dipraktekin.
  4. Cari informasi sebanyak mungkin. Dengan googling dikit, jadi tau kan tips & trick buat dapet hadiah nyelesain hal-hal kecil yang ternyata krusial.
  5.  Have faith. Believe in yourself. Don't ever give up.

Cheers!
Ocha.

You Might Also Like

0 comments