moi new toy: Canon M10

10:40 PM



Hai semuanya. Jadi, karena ada beberapa orang yang minta, hari ini gue akan membayar utang post gue tentang review Canon M10. Btw, gue nggak bakal mengatakan ini review. Ini lebih ke curhat tentang kegalauan gue beli kamera. Dan PLIS BANGET jangan hujat gue kalo ada salah istilah dalam fotografi karena jujur gue awam dan masih belajar. Jadi, sebelumnya, kamera yang gue pake adalah Nikon D3000 yang gue beli dari 2012. Gue sayaaang banget sama kamera ini, karena ini kamera gue yang pertama, sekaligus kamera yang sengaja gue beli supaya bisa masuk ekskul GAP di SMP. Kamera itu juga yang menemani gue selama nulis artikel foodies di web Gogirl! :’) Tapi ya tau sendiri lah pake kamera DSLR itu nggak se-convenience kalo pake mirrorless. Pertama, karena bobotnya emang berat. Kamera DSLR lebih berat karena di dalem bodinya ada cermin buat mantulin cahaya dari lensa ke viewfinder. Sementara mirrorless, as you know dari namanya, nggak ada cermin di bodinya. Sebagai pengganti cermin, mereka pakai sensor yang terus menerus ngirimin gambarnya ke LCD. Yup, makanya kebanyakan kamera mirrorless nggak punya viewfinder. Cuma bisa ngebidik fotonya lewat LCD. Dan setau gue kamera mirrorless yang punya viewfinder itu rata-rata lebih mahal. Kedua, hasil fotonya belom bisa dikirim langsung ke handphone pake wifi. Jadi prosesnya masih harus mindahin foto di memory card ke laptop dulu, baru dari laptop ke hp. Begichu. Ribet ga sih? Ribet. Karena enaknya kan kalo bisa langsung dikirim ke hp, biar bisa langsung update. Sounds milennials much? Hahahaha.

Nah, gue pun mulai survey kamera apa yang kira-kira bakal gue beli. Keinginan gue dari lubuk hati yang paling dalam sih Sony A7ii, tapi nggak mungkin, karena gue masih pengen dianggep anak. Lagian gue juga ngerasa sayang banget kalo kamera pro semahal itu dipake sama gue yang masih belajar. Kalo hasilnya sih, ya nggak usah ditanya, kamera ini bagus bangetttt huhuhu even fotografer favorit gue, Nicoline Patricia, juga pake ini buat kerja. Coba deh liat instagram atau editorialnya di Harper’s Bazaar. Mantap sekaliii. Ok, move on. Lalu gue tertarik sama Fujifilm XA-3 yang baru keluar. XA-3 ini upgrade-annya XA-2. Di saat yang sama, gue juga tertarik sama kamera temen gue, Anas, Canon M10. Jadi option gue tinggal di antara XA-3 atau M10.

So here it is.

Buat spesifikasi jelas Fujifilm XA-3 lo bisa liat disini dan untuk Canon M10 lo bisa liat disini.

Despite the hype, gue pernah pinjem dan ngutak-ngatik XA-3nya temen gue dan hasilnya emang bagus dan tajem. Layarnya bisa diflip 180 derajat biar gampang buat ngevlog atau foto selfie. Ada fitur filternya beauty/smooth gitu jugaa biar mulus. Tapi, setau gue baik XA-2 dan XA-3 dan M10 nggak ada jack 3,5mm buat mic external. Buat vlogging sih ini krusial ya, tapi karena gue nggak ngerasa butuh jadi bagi gue it’s okay. Jadi buat lo yang suka vlogging, mungkin nggak cocok. Autofocusnya cepet. Kamera ini gue liat di tokocamzone harganya sekitar 7.8 jutaan termasuk lensa kit 16-50mm.

Untuk M10 sendiri, hasil fotonya jernih, tapi kalo dibanding sama XA-3 masih kalah. Layarnya sama-sama bisa diflip 180 derajat, dan sama-sama touchscreen. Untuk filter beauty gitu setau gue nggak ada. Gue Cuma tau kita bisa nge-set tone warnanya (misal mau fotonya cenderung biru supaya gloomy, atau pink, kuning, dll). Cuma menurut gue, autofocus kamera ini emang agak sucks. Nggak secepet XA-3. Fitur-fiturnya juga nggak sevariat XA-3. Oh ya kalau dari segi berat sih kamera ini ringan dan kecil, convenient banget. Bahkan kamera ini bisa masuk sling bag kecil gue. Beratnya jauh sama XA-2 atau XA-3. Buat harga, M10 emang jauh lebih murah, sekitar 5,2 jutaan dengan lensa kit 15-45mm.

Pertimbangan gue selanjutnya adalah lensa. Dari kamera DSLR yang gue punya, gue ngerasa pake kamera apapun (dengan spesifikasi yang nggak jauh beda. I mean, jangan bandingin Canon M10 sama Sony A7 ya) hasilnya nggak akan jauh beda kalo pake lensa yang sama. Beberapa temen gue suka nanya gimana sih supaya foto kita terang kalo lagi gelap? Jadi, kawan-kawan, di kamera ada bagian yang dinamain diafragma / aparture. Fungsi diafragma ini adalah buat nangkep cahaya yang masuk. Kalo kita liat ke kamera, kan ada tulisan ‘f’ yang diikutin dengan angka tuh. Nah, semakin kecil angka ‘f’-nya, berarti bukaan diafragmanya semakin besar, jadi cahaya yang mampu diambil semakin banyak. Coba deh set kamera ke mode manual, gambar di aparture ‘f/3.5’ pasti lebih terang daripada di ‘f/4.0’. Nah kemampuan nangkep cahaya ini tuh diaturnya sama lensa yang kita punya, bukan sama bodinya. Jadi, walaupun kamera kita canggih, tapi pakenya lensa kit yang kemampuan aparture paling kecilnya cuma sampe ‘f/3.5’, hasil fotonya nggak bakal bisa terang di keadaan gelap. Oh iya, semakin kecil angka aperture ini juga, rentang fokus gambarnya semakin sempit. Misalnya, dengan aperture 1.4 gambar yang dihasilin tuh fokus ke satu objek yang kita mau, sisanya blur alias bokeh. That’s why, punya lensa yang aparturenya kecil itu penting. Waktu gue pake Nikon D3000, gue beli lensa tambahannya, Nikkor 35mm f1.8 dan gue puas banget sama hasilnya. Ngambil foto pakai lensa ini hasilnya tetep terang di keadaan gelap, dan bokehnya oke. Lensa kitnya malah nggak kepake. Makanya, dalam beli kamera baru kemarin, gue pertimbangin lensa dari kedua option kamera tersebut.

Antara Canon atau Fuji, ada plus minusnya. Karena kamera mirrorless emang masih tergolong baru, Canon belom banyak ngeluarin varian lensa mirrorlessnya. Tapi jangan khawatir, ada alternatifnya kok. Kita bisa pakai lensa Canon buat DSLR buat mirrorless, asalkan beli adaptornya. Autofocusnya juga tetep bisa jalan. Harga lensa Canon pun menurut gue masih terjangkau. Sementara di fuji, varian lensanya udah banyak banget buat mirrorlessnya. Cuma, lensa fujinon emang (menurut gue) mahal-mahal. Buat perbandingan nih, ya. Lensa Canon 50mm f/1.4 itu 1.6 jutaan (dengan adaptor EF-S ke EF-M sekitar 1.5 juta, tapi ini sekali beli) sementara lensa Fujinon 50mm f/2.0 itu 6 jutaan.

Menurut gue, nggak ada jawaban untuk ‘kamera lebih bagus yang mana?’ karena semua ada plus minusnya, dan semua kembali lagi ke personal taste dan budget kita. Kebetulan waktu gue cek, di tokocamzone ada pilihan Canon M10 lens kit aja dan Canon M10 lens kit + lens 22mm f1.8. Dengan harga yang jauh beda kalo gue beli lensanya kepisah, gue ngerasa ini best deal banget dan akhirnya beli sekaligus yang plus lensa 22mm f1.8 dengan harga 6,5jutaan. Tapi karena gue beli perintilannya juga (tas kamera, anti gores LCD sama filter) total akhir yang gue bayar adalah sekitar 7.2 juta. So, in my case, 7.2 juta dengan bisa dapet Canon M10 plus lensa 22mm adalah pilihan yang lebih wise daripada beli fuji yang 7.8 juta lens kit only. Tapi gak gue pungkiri, kalo punya duit lebih gue bakal beli fuji :’) bye fuji mungkin kita belum berjodoh.

So, kesan gue selama 3 bulan make kamera ini... i love it! Buat gue, flawsnya cuma di autofocus yang kurang gesit. Hasil fotonya jernih dan oke banget. Jujur setelah beli kamera ini feeds instagram gue jadi agak bagus muahahaha. As a newbie yang masih belajar, gue juga ngerasa kamera ini udah nge-cover basic needs gue dan nggak ribet buat dioperasiin. Proses ngirim data ke hp juga cepet. Selanjutnya, gue berencana untuk beli adaptor dan lensa 50mm f/1.4. I wanna capture more better portraits, dan lagi 22mm yang gue beli bokehnya nanggung J  wish me luck gue berhasil menabung (dan bukannya foya foya kulineran).
























Jadi, utang postan gue lunas kan ya? J Ciao!

You Might Also Like

0 comments