#2 things to be happy: museum-strolling and the other things between

12:32 AM

One of the perks of having a blog is; kita bisa nge-rewind waktu dan keinget lagi sama hal-hal detail dari sebuah kejadian yang kita ceritain.

Nah jadi gue habis ngescroll postan lama gue dan bacain satu-satu dengan berujung ketawa-ketawa sendiri karena... fak gue alay banget!!! HAHAHAHA. Makin jauh gue ngescroll muka gue makin cringe bacanya :(


me after reading my old posts
(tapi udah gitu laptopnya diambil lagi)


Tadi gue nemuin post ini dan nyariin mana part 2-nya. Turns out gue emang nggak pernah ngelanjutin series postan ini. Daaan kebetulan karena gue ngerasa bahagia banget hari iniii, i intended to make another one! Yuhu.


Hari ini hari sabtu dan gue lagi nggak ada kegiatan apapun di FH. Mau balik ke bandung pun ga punya duit tanggung banget, soalnya besok ada acara juga. Jadiii siang tadi gue memutuskan buat pergi keluar daripada ngebusuk marathon film di kosan (sumpah gue kayanya gaada kerjaan lain banget selama ini karena tiap ada libur tuh dipakenya cuma buat males-malesan doang). Tadinya gue pengen ikut #PiknikinJakarta -nya @picnichild, tapi ternyata minggu ini mereka kayaknya nggak ngadain. Btw, #PiknikinJakarta adalah sebuah program piknik di daerah sekitar Jakarta (jalan kaki), dimana kita bisa bayar semau kita. Uang yang kita bayar itu nantinya bakal didonasiin untuk edukasi piknik anak kurang mampu. Beberapa waktu lalu mereka berhasil ngajak adik-adik pra sejahtera buat ke Kidzania! Destinasi #PiknikinJakarta pun menurut gue menarik. Kalo diliat di postannya, rutenya ada yang ke Kuntsring, ke Chinatown (Petak 9 bukan sih?), Menteng, Cikini, dll. Destinasinya ada yang ke museum, ke pasar baru, makan street food legendaris, dll. Honestly, these kind of places are so much more exciting to me daripada ke mall. Gue se-excited itu pengen cobain ikut #PiknikinJakarta, tapiii berhubung ternyata hari ini nggak ada, akhirnya gue mutusin buat pergi sendiri ke Kota Tua. Tujuan gue adalah ngunjungin Museum Sejarah Jakarta dan Museum Wayang.

Off we gooo!

Gue berangkat dari Stasiun UP dan turun di Stasiun Jakarta Kota. Di sepanjang perjalanan, gue duduk di seberang bapak-bapak yang lagi mangku anak perempuannya yang masih kecil. Dia manjaiiin banget anaknya (bukan manjain as in spoiling her), bisik-bisik ke anaknya (kayaknya sesuatu yang lucu gitu) sampe anaknya yang polos ketawa puas banget, trus anaknya doyan nyolekin muka bapaknya kalo dia ketiduran, trus ketawa lagi. Nggak tau kenapa gue seneng banget liatnyaa.. dan ingetnya pun bikin hati gue warm banget sampe sekarang. That girl is so lucky though, not everyone has any precious memories like that.

Second thing that made me happy today; ada sekumpulan bocah di gerbong gue yang polos dan excited banget liat monas dari jendela! I'm not good with kids, tapi gue seneng ngeliat kepolosan anak-anak dan reaksi-reaksi pricelessnya. Enak banget ya jadi anak kecil? Even things such as monas, airplane, or new toys could amaze them. It's funny to think how we, grown ups, (most of the times) are no longer getting amazed by things, but by labels. Ngeliat kepolosan mereka getting excited over monas tuh semacam mengingatkan gue bahwa: happiness used to be such an easy thing to find.



Gue sampe Stasiun Jakarta Kota kira-kira jam 1 siang dan PANASNYA GILA. Tapiii gue seneng banget karena di jalan menuju museum gue nemu abang-abang jualan es krim durian dan bandros... (HUHUHU kangen bandros banget sumpeh) so i stopped by dan ganyem dulu sebelum masuk museum!! Hehe. Beres ngemil, gue lanjut ke Museum Sejarah Jakarta. Terharu banget karena gak cuma murah tapi juga terawat banget dan bersih. Ruangan dan koleksinya banyak. Another thing that makes me happy; tadi di museum gue ngeliat kakek-nenek lagi nge-date dan mereka gemes bangettt... making jokes & laughing into each others dan terlihat sangat sangat menikmati momen.



The next stop was Museum Wayang. Menurut gue museum ini less attractive daripada Museum Sejarah Jakarta. Ada beberapa ruangan yang cahayanya kurang banget, trus sirkulasinya aneh gitu. Di sini gue paling suka liat wayang si kancil, miniatur Si Unyil dan boneka-boneka dari luar negeri (WKWKW SORI).








Keluar dari Museum Wayang gue gapunya tujuan lagi, udah capek dan haus juga. Tadinya mo langsung ngadem gitu di coffee shop deket situ, eh terussss gue ngelewatin sebuah tenda yang ternyata adalah pop-up free library! Tempatnya biasa aja sebenernya, cuma tenda biasa, ada kursi, dan ada rak buku di sudutnya. Bukunya nggak banyak, kebanyakan buku seputar sejarah Jakarta. Sejujurnya nggak ada yang spesial dari tempatnya; tapi gue senenggg banget tau ada orang yang berintensi buat bikin perpustakaan kecil gratis, tempat siapa aja bisa baca buku, di tempat kayak gini. Di situ ada kakek-kakek sama abang-abang lagi baca buku juga. Gue nyempetin dulu baca satu buku; Antologi Puisi Dani.




Tempat terakhir yang gue singgahi adalah Warung Umak. Kenapa gue kesini? Karena ada tulisannya di luar kalo dia jual pempek, dan gue kebetulan banget udah lama gak makan pempek. Hehe. Jadiii gue mengakhiri perjalanan gue dengan makan pempek, ngopi, dan duduk duduk gabut kecapean di sini. Btw pas gue kesini, golden hournya cantik banget dan nembus ke sebagian dalem ruangan (yang jadi alesan kenapa gue duduk di pojok sebelah jendela situ).


And then i went home, happily :)

Things to be happy today? Banyak. Gue puas akan tindakan impulsif gue pergi ke Kota Tua sendiri, rewarding myself some me-time. Gue agak nggak paham kenapa banyak orang nganggep jalan-jalan sendiri tuh aneh. Menurut gue, kadang jalan-jalan sendiri bisa bikin kita berkontemplasi dan lebih ngenalin diri kita sendiri. Gue juga bisa lebih merhatiin hal-hal kecil yang mungkin sering luput ketika gue lagi bareng orang lain. Or prolly it just simply feeds my introverted soul.

Perhaps another city-strolling won't be that much longer! :)

You Might Also Like

0 comments