PSP

9:51 PM

Halo, semuanya!


Nggak kerasa udah mau bulan mei lagi. Bulan ke-5. Resolusi saya di awal tahun 2016 buat nulis tiap minggu dengan embel-embel 52 weeks blog challenge ternyata lapur gitu aja jadi sebatas wacana hahaha. Tae banget. Sebenernya pengen banget bisa ngeblog rutin tiap minggu, tapi apadaya kadang lupa atau nggak sempet. Anyway, rutinitas dan kesibukan saya akhir-akhir ini disponsorin sama kegiatan PSP di sekolah. Bisa dibilang, kesibukan PSP ini jadi wake up call saya kalo saya sekarang lagi di masa SMA. Entah gimana ya, tapi saya baru ngerasa momen SMA dimulai semenjak kegiatan PSP ini dimulai, hehe.

Oh ya, PSP itu event Pekan Seni Pelajar yang rutin diadain di sekolah saya tiap tahun di kelas 11. Semacam art performance gitu deh. Angkatan saya, 2017 kebetulan dapet giliran teater. Awalnya rada kecewa sih kenapa nggak film aja (sooooide) tapi setelah dijalanin dan dipikir-pikir lagi, theatre was okay too. Malah bisa dibilang ngebuat saya sama anak kelas lainnya yang nggak begitu deket jadi bonding satu sama lain. Lewat teater, kita eventually dipaksa buat latihan gabungan terus menerus bareng-bareng dibanding film yang take-nya bisa diambil sesuai sama kebutuhan perannya dan shooting-nya bisa jadi misah-misah. Jujur aja, saya baru ngerasa (sok) 'sibuk' di SMA lewat kegiatan PSP (karena pas event f2wl rasanya nggak sesibuk 'itu' --kecuali waktu saya masih gabung divisi acara).  Nama tim produksi kelas saya 'La Sociale'. Simpel, ya? Dari namanya juga semua bisa tau kalo itu kelas IPS. Anyway, di tim produksi kelas, saya kebetulan dapet job jadi sutradara.


...saya juga nggak ngerti kenapa saya bisa ditunjuk (dan pasrah aja) jadi sutradara.

Saya literally buta b a n g e t  soal teater.

Here's the thing. Waktu awal masuk SMP, saya sempet kepengen masuk ekskul teater (setelah dibujuk rayu kakak kelas yang ekskulnya teater juga)... simply karena Citra Kirana jebolan ekskul teater sekolah saya (ya.... terus.... kenapa....). TAPI. Iya ada tapinya. Setelah ngeliat how they works and performs pas demo ekskul (dimana mereka kabaret gitu di tengah lapang diliatin ratusan anak), saya langsung mundur kabur gak jadi ikut first meeting perekrutan anggota teater yang baru hahahaha! Theatre is not my thing. I didn't have the guts to act in front of hundred peoples. Jadi, yap, sampe saya kepilih jadi sutradara PSP kelas pun saya gak tau apa-apa soal teater.

Thanks to Tuti ma bestie (btw kalo dibaca bagus siah berima) dan Kana, mereka berjasa banget ikut nyumbang based-idea cerita PSP kelas saya. Proses pengajuan sinopsis alhamdulillah nggak ada kendala sama sekali dan langsung di-acc sekali cek. Yang jadi kendala adalah.. script yang gonta-ganti dan harus direvisi berulang kali (even sampai H-1 gladi kotor kemarin) karena satu dan lain hal.

Ternyata jadi sutradara asik. Saya jadi salah satu orang di balik layar, bukan di depan (saya ogah banget kalo harus acting). Mulai dari casting pemain, latihan per-scene, ngatur keluar masuknya pemain, diskusi ini-itu sama koordinator tari, properti, musik & video sampe latihan gabungan. Dua bulan ini kita lakuin semuanya lancar banget, guys. Nggak lancarnya cuma di bagian kelas kita nggak pernah nggak ngaret kalo ada latihan yang kadnag-kadang leletnya bikin gondok setengah idup.

Gara-gara PSP ini, saya nggak ada waktu buat ngadain me-time di waktu weekend (re: leha-leha nonton tv dan bolak balik dapur). Sabtu & minggu pasti latihan. Anyway, jujur aja saya sempet hopeless banget sama progress PSP kelas. Kayak udah mau nyerah, kalah duluan aja. Abis jenuh banget ga boong latihan mulu, apalagi kalo ada yang harus diulang-ulang supaya lancar. Tapi begitu udah mulai latihan gabungan sampe akhir... terharu. It's like piece to pieces of a puzzle finally collected and united together. :')

Kita baru aja gladi kotor (re: penilaian oleh panelis) hari Sabtu kemarin, and suprisingly hasilnya lumayan bagus! Saya dan yang lainnya tinggal prepare buat hari H, 14 Mei di Taman Budaya Jawa Barat. So, seems like i need more 2 weeks to rest my ass off! Saya kangen banget bisa males-malesan seharian di ruang tv dan istirahat. Kayaknya rumah saya sekarang cuma jadi persinggahan sementara buat tidur doang huhu.

However, saya rasa PSP bakal jadi salah satu kenangan SMA yang krusial. I tried so hard to make these past 2 months (of my precious leha-leha time) worth it. Dua bulan ini, saya ngerasa kepribadian saya ngalamin progress ke arah yang lebih baik. I took the risk dan belajar buat keluar dari comfort zone, cobain hal baru, belajar buat nyelesain tantangan & ngadepin kejadian (dan assholes) yang nggak menyenangkan.

PSP kurang dari 3 minggu lagi. Doain saya dan teman-teman, yaaa. (plis)(wajib)(maksa)(hehe)(bye).


You Might Also Like

0 comments