another luckiness

11:39 PM

Bulan Ramadhan kemaren berkah banget. Selain karena gue bisa ngerasain shalat Ied lagi (setelah 2 tahun absen huhu), gue juga lucky banget bisa menangin weekly photo contestnya Kiehl's di Instagram yang ngusung tema Indonesian Heritage, #LestarikanWarisanIndonesia. 





Foto ini sebenernya gue ambil 2 minggu sebelum kontesnya mulai waktu jalan-jalan ke Lombok. Nah, menenun ini ternyata udah jadi tradisi di kalangan wanita desa Sasak Lombok, ternyata. Selain buat memenuhi kebutuhan ekonomi, ternyata menenun juga merupakan syarat mereka untuk dapat menikah. Bagus banget loh sebenernya kalo dipikir-pikir, karena itu artinya mau nggak mau tradisi nenun ini bakal membudaya dari generasi ke generasi kan? Automatically budaya ini bakal terus lestari. Waktu gue mampir ke tempat pengrajin tenunnya, gue sempet diajarin nenun kain sama wanita penenun di sana. Gila. Susah banget parah! Prosesnya emang ribet. Nggak heran sih harga tenun ikat yang mereka jual juga nyampe jutaan, abis bikinnya aja berbulan-bulan. Honestly gue bersyukur bisa 'nyicipin' salah satu warisan Indonesia ini. Gue yakin bukan cuma orang yang punya interest sama cultural-art kayak gue doang yang ngerasa bersyukur nyobain/ngeliat proses nenun, tapi juga semua orang Indonesia. All of Indonesians just can't deny that they're proud to be Indonesian for its richness of culture



syenaaang dapat hampers dari Kiehl's! 💙 

You Might Also Like

0 comments